5 Rekomendasi Tempat Wisata di Solo

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Solo

5 rekomendasi wisata di Solo adalah beberapa tempat rekomendasi wisata di Solo lebih tepatnya rekomendasi tempat wisata di Solo dan menikmati keindahan di Solo jadi bagi anda yang mencari tempat wisata di Solo dan menikmati keindahan di Solo berikut rekomendasi dari kami :

1.Taman Balekambang

Taman Balekambang, Solo. Taman Balekambang ini cocok buat dijadikan tempat wisata keluarga di Solo. Di Taman Balekambang terdapat gedung kesenian, kolam, taman reptil, panggung terbuka, dan wahana permainan/outbond.

Setiap hari Taman Bealekambang ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya wisatawan dari Kota Solo saja, tetapi juga dari luar Kota Solo. Masuk ke Taman Balekambang tidak dipungut biaya alias gratis, hanya membayar parkir 2.000 saja anda bisa menikmati taman tersebut.

Selain lokasinya yang hijau, bersih dan asri, tempat wisata ini juga dibagi menjadi dua bagian. Taman Air Partini dan Hutan Partinah. Selain jalan-jalan atau melihat taman, wisatawan yang datang juga bisa menikmati wisata air di kolam Partini Tuin dengan perahu. Untuk biaya naik perahu tiketnya hanya 2.500 per orang.  Untuk biaya naik perahu bebek hanya 20000 2 putaran.

2. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran, Solo. Didirikan pada tahun 1757, tempat wisata di solo ini merupakan kediaman Sri Paduka Mangkunegara yang berbentuk seperti sebuah keraton kecil dan banyak peninggalan di zaman dahulu. Dahulu kala Kerajaan Mataram merupakan salah satu kerajaan besar di Pulau Jawa. Keturunan dan kerabat Kerajaan Mataram lah yang sekarang memimpin Kesultanan di Kota Solo dan Yogyakarta.

Di tempat wisata budaya ini tersimpan dengan baik koleksi peninggalan Pura Mangkunegaran seperti, gamelan, wayang, maupun benda antik lainnya. Konon benda antik itu dikumpulkan dari berbagai daerah seperti Madura, Yogyakarta, Bali, maupun Cirebon.

Di bagian depan Pura Mangkunegaran itu terdapat lapangan luas yang disebut Pamedan, yang pada jaman dahulu merupakan lapangan tempat berlatih para prajurit pasukan Mangkunegaran. Kini pamedan digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk pertunjukan kolosal Matah Ati. Setelah lebih dahulu membayar karcis masuk di pos jaga, tak lama kemudian kami melangkahkan kaki menuju pendopo Pura Mangkunegaran didampingi pemandu wisata. Setiap kelompok pengunjung selalu ditemani oleh pemandu wisata, dengan tips sesuai kemurahan hati pengunjung.

3. Keraton Kasunanan Surakarta


Keraton Kasunanan, Solo. Berkunjung ke Kota solo rasanya kurang lengkap apabila belum mengunjungi Keraton Surakarta. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata utama di Kota Surakarta.  Keraton ini bernama lengkap Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton Surakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Tempat bersejarah di Solo ini memiliki koleksi seperti wayang kulit ada beberapa jenis wayang, kereta kencana, bermacam senjata tajam yang sangat banyak. Selain itu masih banyak lagi benda peninggalan lainnya. Berwisata sekaligus belajar banyak sejarah bisa anda kunjungi di Keraton Kasusanan Surakarta ini.

Memiliki luas area sekitar 54 are dan banyak koleksi patung, senjata dan pusaka kerajaan di keraton tersebut. Salah satu bangunan bertingkat yang menarik di Keraton Kasunanan yaitu Menara Sanggabuwana, konon menjadi tempat bertemunya Ratu Laut Selatan dengan Raja. Menara ini didirikan oleh Sri Susuhan Pakubuwono III pada tahun 1782. Menara setinggi 30 meter ini berfungsi sebagai menara dan tempat untuk memata-matai Belanda pada masa penjajahan.

4. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari, Solo. Kota Solo punya mempunyai banyak spot untuk menghabiskan waktu senggang di sore hari maupun malam hari. Taman Sriwedari jadi salah satu destinasi yang sayang untuk traveler lewatkan.

Taman Sriwedari merupakan kawasan taman hiburan yang nge-tren di zaman sekarang. Di sini ada Gedung Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari, Taman Hiburan Rakyat Sriwiedari, dan juga rumah joglo besar yang bisa juga sebagai lokasi pementasan seni. Ada gedung pertunjukan wayang orang yang sangat bersejarah.

Suasana Sriwedari saat itu cukup ramai pengunjung, mereka duduk-duduk di sekitar taman menikmati sejuknya taman tersebut, serta menikmati aneka sajian kuliner yang ada di sana. Sangat disayangkan memang, padahal secara keseluruhan lokasi Taman Sriwedari ini  sangat menarik untuk dijelajahi.

5. Taman Pelangi Jurug

Taman Pelangi Jurug, Solo. Para pengunjung mempercepat langkahnya menuju area danau Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Mereka tak mau ketinggalan menyaksikan wahana wisata baru, air mancur menari atau dancing fountain. Taman pelangi Jurug sangat rekomendasi untuk para wisatawan.

Tepat pukul 20.00 WIB, air mancur selebar 18 meter itu memulai ‘atraksi’. Air meliuk-liuk sesuai irama lagu yang diputar. Tempat ini sangat cocok anda nikmati ketika di malam hari.  Tontonan semakin seru ketika pipa di tengah air mancur menyemburkan air setinggi 30 meter selama beberapa detik. Sesekali muncul efek laser dan kobaran api di sekitar air mancur.

Pada lagu berikutnya, air mancur tak hanya menari-nari. Air yang menyembur berubah menjadi water screen yang yang memutarkan sebuah video. Mata para penonton pun semakin tak mau beralih.

Terdapat ribuan lampion berbentuk berbentuk bunga-bunga kecil yang menghiasi hampir seluruh bagian di TSTJ. Terdapat pula sekitar 600 lampion berukuran lebih besar dengan bentuk seperti pohon, naga, ikan hiu dan hewan lainnya.

Selain itu, disediakan pula wahana permainan untuk anak-anak, di antaranya komidi putar, bom bom car dan kereta mini. Sangat cocok buat anak anak yang bermain di Taman pelangi jurug. Jadi tempat ini sangat di rekomendasikan ketika anda berkunjung di solo.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.